• Posted by : Unknown 6 Feb 2015


     Ada banyak jenis sushi dan sashimi, masing – masing dengan cita rasanya sendiri. Di bawah ini adalah 10 jenis sushi dan sashimi terenak. Selamat membaca.
    10. Unagi ( Belut )
    Unagi - Sushi World PIK
    Kita akan mulai dengan yang mudah. Unagi ( belut air tawar ) telah lama menjadi andalan di Jepang , dan baru-baru ini popularitas nya melonjak di Amerika Serikat. Dari semua jenis daging yang digunakan untuk sushi, mungkin unagi inilah yang memiliki cita rasa paling mirip dengan daging ayam. Jadi bagi mereka yang baru mulai mencoba sushi, maka jenis sushi yang disarankan adalah sushi yang menggunakan unagi.
    Hampir semua restoran sushi mendapatkan unagi dari peternakan, yang sudah dipaketkan dan dipanggang dalam saus seperti saus teriyaki, membuat rasanya campuran elemen gula, saus kedelai dan wijen. Campuran rasa tersebut hampir sama di seluruh restoran sushi.
    Di Amerika Serikat, jenis sushi yang umumnya menggunakan unagi adalah sushi yang dibuat dengan cara Uramaki, yaitu Caterpillar. Tidak ada definisi pasti dari Caterpillar Roll, karena setiap restoran biasanya mempunyai versinya masing – masing, tetapi biasanya Caterpillar berisi Unagi dan alpukat dan bahan – bahan campuran lainnya.
    9. Tako ( Gurita )
    Tako - Sushi World PIK
    Potongan tentakel gurita sangat kenyal dan bertekstur. Rasanya begitu unik sehingga banyak orang yang menjadi penggemar setianya. Kebanyakan sushi dengan gaya Nigiri ( yaitu potongan ikan di atas nasi yang dibentuk bola dengan menggunakan tangan ) akan mengandung sedikit wasabi. Rasa dari Tako ini sangat nikmat bila dicampur dengan wasabi sehingga biasanya jumlah wasabi lebih banyak dibandingkan dengan elemen bahan campuran lainnya.
    Apa yang spesial tentang Tako ini juga adalah dari cara memotongnya. Untuk ikan, biasanya dipotong dengan gerakan 1x ke 1 arah, namun Tako dipotong dengan potongan – potongan pendek seperti menggergaji. yang mana menghasilkan permukaan yang bergelombang. Hal ini awalnya dilakukan sebagai cara mendemonstrasikan kepada pelanggan bahwa Tako bebas dari parasit, tetapi kemudian menjadi suatu budaya yang dipraktekkan oleh semua restoran sushi.
    8. Basashi ( Kuda )
    Basashi - Sushi World PIK
    Respons terhadap konsumsi daging kuda memang tergantung dari daerah. Hal ini sangat populer di negara-negara Asia Timur, Jepang, Cina dan Korea. Namun konsumsi daging kuda ini tidaklah umum di tempat – tempat lain. Yang paling jarang adalah di Inggris, Australia, Kanada dan Amerika Serikat di mana mengkonsumsi daging kuda ditentang dan dianggap ha yang tabu.
    Di Jepang, daging kuda umumnya disebut Sakura-niku ( yang artinya “cherry blossom steak” ), namun apabila daging kuda tersebut dipotong menjadi irisan tipis dan disajikan dengan gaya sashimi, maka itu disebut Basashi. Rasanya sangat lembut dan mendekati dagning sapi dan kambing. Daging kuda ini mengandung lemak yang jauh lebih sedikit dibandingkan daging sapi, dengan zat besi 2x lipat daging sapi. Bahan yang umumnya digunakan untuk disantap bersama Basashi ini adalah jahe parut segar dan potongan bawang.
    7. Tobiko
    Tobiko - Sushi World PIK
    Tobiko adalah telur dari ikan terbang. Tobiko ini digunakan sebagai komponen pelengkap dalam banyak hidangan Jepang dan di Amerika Serikat Tobiko umumnya digunakan untuk bagian luar dari California Roll atau Golden California Roll. Bagaimanapun, Tobiko ini dimasukkan ke dalam daftar ini karena dalam beberapa jenis sushi seperti Gunkan-maki, Tobiko ini adalah salah satu bahan utama. Tobiko standar umumnya berwarna oranye, rasanya asin dan bertekstur renyah. Umumnya Tobiko disajikan dengan telur di bagian atas, dengan daun Shiso ( seperti daun mint ).
    Tobiko disajikan dengan berbagai alternatif rasa dan warna : wasabi ( hijau ), tinta cumi ( hitam ), pedas ( merah ), dan yuzu, buah citrus ( kuning ). Seringkali Tobiko disubstitusikan dengan Masago, yang adalah telur ikan capelin, tetapi telur Masago lebih kecil dalam ukuran dan warna oranye yang lebih cerah. Dengan perbedaan itu, sangatlah mudah untuk membedakan Tobiko dengan Masago.
    6. Toro
    Toro - Sushi World PIK
    Mungkin jenis ikan yang paling umum digunakan, dalam skala global, adalah Tuna Bluefin. Tuna Bluefin ini dipancing dalam skala yang sangat besar hingga mengancam spesies ikan Tuna Bluefin dan dianggap sebagai ancaman terhadap resiko ekosistem lautan. Bahkan seorang aktifis Greenpeace pernah mengatakan bahwa ada lebih banyak Bluefin yang dibekukan dibandingkan dengan yang masih hidup di laut. Untuk alasan inilah, sudah cukup banyak restoran mengurangi penggunaan Bluefin.
    Ada banyak bagian dari ikan Bluefin ini ( Maguro ) yang digunakan dalam sushi. Yang paling umum dan paling murah adalah Akami, potongan merah tua yangberasal dari tulang belakang dan ekor. Semakin ke arah kepala, Chu-toro adalah daging yang lebih berlemak dengan rasa yang lebih kaya, dan dari sini, bergerak ke arah perut bagian dalam, adalah Toro, bagian yang paling lezat dan paling mahal. Bagian yang paling berlemak dari Toro disebut O-Toro atau Oho-Toro. Bagian ini melelh di mulut seperti mentega.

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    selamat membaca :) - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan